Tak Berpontesi Tsunami, Gempa 6,7 Magnitudo di Nias

Gempa
banner 468x60

 

Wartahot.com, News – Kepala Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan telah terjadi Gempa 6,7 magnitudo mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara, Senin (14/3/2022), pukul 04.09 WIB.

Read More
banner 300250

Gempa berlokasi di 0.71 Lintang Selatan dan 98.50 Bujur Timur, tepatnya 161 Km di sebelah tenggara Nias Selatan.

Dwikorita Karnawati dari pihak BMKG mengatakan gempa bumi tersebut terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng.

“Dengan memarhatkan lokasi episenter dan kadalaman hiposenternya gempa bumi yang tarjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gampa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (trust-fault),” kata Dwikorita melalui siaran pers secara virtual, Senin (14/3/2022).

Hingga pukul 06.20 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi empat aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo terbesar M6,0.

BMKG juga melaporkan, dampak gempabumi ini dirasakan di daerah Padang, Siberut, Nias Selatan, Gunung Sitoll dengan skala intensitas IV MMI.

Kemudian Padang Panjang, Bukttinggi, Pasaman Barat, Tuapejat, Pariaman dengan skala intensitas Ill MMI. “Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu,“ ungkap Dwikorita.

getaran juga dirasakan di wilayah Dhamasraya, Payakumbuh, Kerinci, Tapanuli Selatan, Pesisir Selatan, Batusangkar, Padang Pariaman, Solok dengan skala intensitas II MM. “Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” tuturnya.

Meski gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG tetap menghimbau kepada warga untuk selalu waspada dan berhati-hati.

BMKG juga menyampaikan agar warga tidak termakan informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. “Saran BMKG Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” tulisnya.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

0 comments

  1. Pingback: 비트코인