Rejeki Cair Lagi, Simak Cara Cek Penerima Bantuan BLT BBM Rp300 Ribu

  • Whatsapp
BLT Minyak Goreng
banner 468x60

 

Wartahot.com, Ekonomi – Pemerintah menargetkan BLT BBM tahap 2 rampung dalam 10 hari.

Meski hanya dalam waktu satu minggu lebih 3 hari, bantuan ini tetap harus menjangkau seluruh penerima yang ditugaskan melalui Pos Indonesia sebanyak 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Kini BLT BBM tahap 2 sudah cair ke 3 juta KPM atau setara 14% dari 20,65 juta penerima melalui PT Pos Indonesia (Persero).

“Tiga hari penyaluran Rabu, Kamis, Jumat (23-25 November 2022) telah tersalurkan kepada 3 juta KPM. Rata-rata per hari kita salurkan kepada 1 jutaan KPM,” kata Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia Haris dalam keterangan pers.

BACA JUGA :  UMK 2023 Bekasi Rp5,1 Juta Lebih Besar dari Jakarta

Selain BLT BBM tahap 2 periode November-Desember, Pos Indonesia juga menyalurkan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk triwulan IV diberikan kepada 10 juta KPM dengan besaran nominal bantuan beragam mulai Rp200 ribu hingga Rp3 jutaan bergantung hak penerima.

Kemudian Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT (bansos sembako) triwulan IV akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM, dengan nominal bantuan Rp200 ribu.

Menurut dia, pada periode penyaluran BLT BBM kali ini sangat istimewa karena Pos menyalurkan tiga bantuan sekaligus yang mana pada tahap 2 ini berbarengan dengan penyaluran PKH dan BPNT (bansos sembako).

“Karena menyalurkan tiga bantuan, uang yang disalurkan cukup besar sehingga butuh persiapan dengan baik, mitigasi risiko terkait pengamanan,” kata Haris.

BACA JUGA :  UMK 2023 Bekasi Rp5,1 Juta Lebih Besar dari Jakarta

Namun demikian, dia menyatakan Pos Indonesia siap menyalurkan bantuan, sebab sebelumnya telah berkali-kali dipercaya menyalurkan bantuan sehingga telah memiliki pengalaman.

Terkait penyaluran BLT di wilayah 3T (terpencil, terluar, tertinggal) Haris optimistis petugas Pos telah terlatih mengatasi tantangan yang dihadapi.

“Petugas saat menerima data sudah maping (memetakan) lokasi penerima dan Kantorpos terdekatnya. Kemudian berkoordinasi dengan pemangku daerah untuk penjadwalan penyaluran. Kita menyiapkan transportasi, berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait dan aparat keamanan,” ujarnya.

Namun, bagi masyarakat yang berhak mendapatkan BLT BBM tahap 2, alangkah baiknya mengecek terlebih dahulu daftar penerima sebelum ke kantor pos.

BACA JUGA :  UMK 2023 Bekasi Rp5,1 Juta Lebih Besar dari Jakarta

Masyarakat bisa mengecek apakah mendapatkan BLT BBM tahap 2 dengan mengunjugi laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut caranya:

1. Buka laman resmi dengan akses http://cekbansos.kemensos.go.id.

2. Kemudian masukkan nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan pada kolom yang tersedia.

3. Lalu masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP.

4. Masukkan 4 huruf kode verifikasi yang tertera dalam kotak kode

5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru.

6. Lalu klik tombol cari.

7. Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :