Jelang Puasa, Ini Menu Sahur dan Berbuka Untuk Penderita Diabetes

  • Whatsapp
Penderita Diabetes
banner 468x60

Wartahot.com, Kuliner – Bagi anda diabates tak usah kuatir untuk menikmati santap sahur dan berbuka puasa selama puasa di bulan ramadan.

Namum, anda perlu memperhatikan makanan dan minuman yang boleh dikonsumsi atau tidak demi menjaga kesehatannya. Ahli Gizi Fitri Hudayani, SST, SGz, MKM dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan, terdapat berbagai macam makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Read More
BACA JUGA :  Fantastis, HTM Pulau Komodo 3,75 Juta Rupiah
banner 300250

“Untuk komposisi makanan saat berbuka, bisa berbuka dengan satu porsi buah segar, boleh pepaya, melon, pisang atau lainnya dan minumlah segelas air putih, kemudian salat Maghrib. Setelah itu, makan utama sama seperti biasanya di hari biasa dengan mengonsumsi nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah,” kata Fitri dikutip dari okelifestyle, Senin (28/3/2022).

Fitri menambahkan penderita diabetes bisa mengonsumsi makanan ringan seperti roti isi selai kacang dan satu porsi buah setelah menuaikan ibadah solat terawih. Kemudian untuk sahur porsi makanan sama seperti saat makan malam.

BACA JUGA :  Citayam Fashion Week Jadi Sorotan, Anies Beri Tanggapan Ini

“Makan sahur haruslah cukup sebagai simpanan energi agar dalam keadaan puasa penderita diabetes tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa,” tambahnya.

Dengan pola makan tertaur maka baik untuk penderita diabetes yakni asupan dengan jumlah serat yang cukup untuk membantu menjaga kadar gula. Kesehatan pencernaan serta mampu menunda lapar pada pagi hingga menjelang siang.

BACA JUGA :  Tiket Candi Borobudur Berubah, Ini Harganya

“Dari makanan yang telah saya sampaikan merupakan pola makanan dengan jumlah serat yang cukup untuk membantu menjaga kadar gula dalam keadaan normal dan serat dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menunda lapar, khususnya pada pagi hari menjelang siang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Fitri menghimbau kepada penderita diabetes agar tidak mengonsumsi aneka minuman manis saat berbuka puasa seperti sirup.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :