BPOM Umumkan 294 Daftar Obat Sirup Aman Dikonsumsi

  • Whatsapp
Obat Sirup berbahan kimia bakal ditarik. Foto: ist
banner 468x60

Wartahot.com, Nasional – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengumumkan daftar obat sirup anak dan dewasa yang dinyatakan aman untul dikonsumsi.

Sebanyak 294 merk obat yang diumumkan itu disebut layak diedarkan karena sejumlah alasan.

Read More
banner 300250

Dalam unggahan terbaru akun Instagramnya, @pandemictalks disampaikanlah daftar panjang berbagai macam merk obat sirup tersebut.

BACA JUGA :  Ketum Al Irsyad Teruskan Pesan Anies Baswedan: Berlomba dalam Kebaikan

Menurut penjelasannya, BPOM menyatakan keamanan ratusan obat sirup ini tak lain karena tidak mengandung bahan baku pelarut Propilen Glikol (PG) di dalamnya.

Selain itu, obat berbotol itu juga tidak mengandung produk obat jadi yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DG) yang melebihi ambang batas.

“Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan sudah ada 294 obat sirop di Indonesia yang dinyatakan aman atau bebas dari bahan baku Propilen Glikol (PG) serta produk obat jadi yang mengandung Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DG) yang melebihi ambang batas,” tulis akun media kesehatan, Jumat 18 November 2022.

BACA JUGA :  BBM Pertalite Dikabarkan Naik Lagi Bulan, Ini Kata ESDM

Ratusan obat sirup botolan tersebut di antaranya adalah Komix OBH dus 30 sachet, 5 sachet dan 6 sachet yang diproduksi oleh Bintang Todjoe.

Selain itu ada juga, Komix OBH kid rasa madu, Komix OBH rasa jahe serta rasa jeruk nipis.

Berbagai obat batuk sirup juga aman dikonsumsi seperti, Obat Batuk Hitam 120 ml produksi PT Itrasal dan OBH Surya 100 ml.

BACA JUGA :  Polri Bakal Tarik Obat Sirup Berbahan Kimia di Pasaran

Serta OBH Combi Batuk Berdahak berbagai rasa, yaitu rasa jahe, menthol yang sachet dan menthol sirup produksi PT Combhipar.

Tak hanya obat batuk, ratusan obat-obatan sirup yang botolan maupun sachet juga sudah masuk ke dalam daftar yang aman dikonsumsi.

Tidak hanya merk obat sirup, dari daftar tersebut juga disertakan spesifikasi masing-masing dus, botol, dan sachetan yang akan mempermudah pembaca membedakannya.

Untuk daftar lengkap ratusan obat sirup yang aman dikonsumsi berdasarkan pengumuman dari BPOM ini bisa dilihat pada unggahan akun tersebut.*

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :