Home / INTERNASIONAL / Trump : AS Sudah Keluarkan Banyak Uang Pertahankan Saudi

Trump : AS Sudah Keluarkan Banyak Uang Pertahankan Saudi

WARTAHOT – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, negaranya sudah menghabiskan banyak uang untuk mempertahankan Arab Saudi, dan mengaku kecewa karena tidaj mendapatkan perlakuan adil dari kerajaan Saudi.

“Sejujurnya, Arab Saudi tidak memperlakukan secara adil kita karena kita telah keluar banyak sekali uang untuk mempertahankan Arab Saudi,” kata Trump saat diwawancarai Reuters, dikutip hari ini.

Trump memastikan bahwa pemerintahannya tengah berunding mengenai kemungkinan kunjungan ke Saudi dan Israel pada paruh kedua Mei nanti.

Trump akan menggelar lawatan luar negeri pertamanya sebagai presiden guna menghadiri KTT NATO pada 25 Mei di Brussels, Belgia, dan bisa saja akan singgah di beberapa negara lain.

Kritik Trump kepada Riyadh yang merupakan eksportir minyak kelas berat dunia, mengulang retorika selama kampanye presiden 2016 ketika saat itu dia menuduh Saudi tidak cukup mengeluarkan uang untuk membayar payung keamanan AS.

“Tidak ada yang mengganggu Arab Saudi karena kita menjaga mereka,” kata Trump dalam kampanye di Wisconsin setahun silam. “Mereka tidak membayar pada harga yang pantas. Kita kehilangan baju kita.”

Bulan lalu, Wakil Putra Mahkota Muhammad bin Salman bertemu dengan Trump dalam sebuah pertemuan yang dipuji oleh penasihat senior Saudi sebagai titik tolak bersejarah dalam hubungan kedua negara.

Mereka membahas banyak hal, termasuk pandangan bersama terhadap Iran yang dianggap kedua negara sebagai ancaman keamanan di kawasan.

Riyadh dan negara-negara Teluk memandang Trump presiden yang kuat yang akan meningkatkan peran Washington sebagai mitra strategis utama mereka dan bakal membantu musuh Saudi, Iran, di kawasan yang memang sentral untuk kepentingan keamanan dan energi AS, kata para analis seperti dikutip Reuters.

About Redaksi

Check Also

Jelang Royal Wedding, Ayah Meghan Markle Bikin Bingung Warga Inggris

WARTAHOT – Ayah artis Amerika Serikat Meghan Markle memperkeruh suasana pernikahan putrinya dengan Pangeran Harry. Ia ...

2,2 Juta Nyawa Melayang Akibat Polusi Udara di Pasifik Barat

WARTAHOT – Sebanyak sepertiga, atau 2,2 juta dari tujuh juta kematian pradini setiap tahun akibat ...

Puluhan Biro Perjalanan Jadikan indonesia Sebagai Destinasi Wisata

WARTAHOT – Pesona Indonesia sudah dipromosikan ke sejumlah negara di tiga benua. Dari Eropa, Amerika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *