Langgar Lockdown, Wakil Menkes Malaysia Didenda Rp3,5 Juta

WARTAHOT – Jakarta,  (Dilansir dari CNN Indonesia) —Wakil Menteri Kesehatan Malaysia, Noor Azmi Ghazali, kedapatan melanggar aturan perintah pengendalian pergerakan (MCO) atau lockdown yang berlaku di Negeri Jiran.

Noor melanggar aturan MCO bersama 14 orang lainnya, termasuk anggota dewan eksekutif Negara Bagian Perak, Razman Zakaria, setelah terlihat makan bersama-sama di sebuah acara tahfiz di daerah Lenggong pada 18 April lalu.

Berdasarkan dokumen dakwaan, belasan orang itu terlihat berada di daerah terinfeksi virus corona untuk tujuan sosial.

Rombongan Noor dan Razman mengunjungi Klinik Kesehatan Lenggong untuk mengecek persiapan distrik Hulu Perak menangani penyebaran wabah corona.

Setelah itu, mereka mengunjungi acara tahfiz di Kampung Luat Lenggong lalu kemudian makan bersama.

Pelanggaran itu diketahui dari sejumlah foto yang diunggah di akun Facebook Noor. Tak lama diunggah, foto itu dihapus setelah menuai banyak kritik dari masyarakat.

Dilansir the Straits Times, Noor, Razman, dan rombongan mereka didakwa melanggar aturan pasal 6 (1) dari Undang-Undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular 2020.

Dalam persidangan Selasa (28/4), hakim pengadilan Norhidayati Mohammad Nasroh memberi denda pada Noor, Razman, dan rombongannya sebesar 1.000 ringgit atau Rp3,5 juta. Jika gagal membayar denda, mereka terancam dipenjara selama satu bulan.

Ketika ditanya hakim, Noor berjanji akan bersikap lebih baik lagi.

Noor Mengatakan, “Saya mengucapkan permohonan maaf dan berterima kasih kepada mereka yang telah mendukung saya. Saya akan menaati aturan negara ini. Saya akan bersikap lebih baik lagi untuk menyediakan fasilitas kesehatan yang terbaik bagi warga Malaysia.”

Kebijakan MCO telah diberlakukan Malaysia sejak 15 Maret lalu, tetapi diperpanjang hingga 12 Mei mendatang.

Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin, mengatakan kebijakan itu dilanjutkan karena pemerintah masih terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19 di tengah lonjakan kasus baru yang masih ditemukan dalam beberapa waktu terakhir.

Berdasarkan data Worldometer, Malaysia tercatat memiliki 5.820 kasus corona dengan 99 kematian per hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *